TKJ SMKN 3 BUDURAN SIDOARJO

  • Facebook

Perbedaan 32bit dan 64bit

IT tak lantas berhenti setelah saya masuk di TKj, Teknik Komputer dan Jaringan. Tapi walaupun mengikuti kurikulum, tapi tidak ada salahnya untuk mencari hal-hal yang belum sempat diajarkan oleh Guru yang telah ikhlas mengajarkan banyak hal pada saya hingga hari ini.

kisah posting ini bermula saat teman SMA saya bertanya, "bedanya 32bit ama 64bit apa?", karena itu belum sempat saya tanyakan pada guru saya makapun saya menjawab dengan sesuai analogi saya "ya 32bit ama 64bit itu kan supported os ama hardware, kaya OS 32bit y harus di hardware yang support 64bit".

terasa mengganjal, sayapun mulai searching di dunia maya.

Perbedaan 32-bit dan 64-bit pada dasarnya mengacu pada teknologi pemroses (processor) pada komputer mengenai bagaimana menangani informasi. Processor 64-bit akan mampu mereferensikan pengalamatan data pada memory dibanding processor 32-bit, dan secara teori ini akan dapat memproses data lebih cepat dan performance komputer menjadi lebih baik.

Adanya Windows 32-bit dan 64-bit mengacu pada kemampuan processor yang dapat menjalankan jenis Windows ini. Windows 64-bit hanya dapat diinstall pada komputer yang processornya sudah mempunyai kemampuan 64-bit, dan Windows 32-bit dapat diinstall baik pada processor dengan kemampuan 32-bit maupun 64-bit. Perbedaan versi 32-bit dan 64-bit pada suatu software Windows ini mengacu pada edisi Windows yang digunakan, apakah Windows 32-bit atau 64-bit. Suatu software yang didesain untuk Windows 64-bit hanya bisa digunakan pada Windows 64-Bit, sedangkan software yang didesain untuk Windows 32-bit masih mungkin bisa digunakan pada Windows 64-Bit tetapi tidak berlaku untuk semua software.