TKJ SMKN 3 BUDURAN SIDOARJO

  • Facebook

FTP (File Transfer Protokol)

FTP ialah kependekan dari File Transfer Protocol yang berada dilapisan aplikasi yang merupakan standar untuk transfer sebuah berkas atau file.

merupakan protokol transfer yang paling lama dikembangkan hingga kini untuk upload dan download file. klient FTP memberikan kode FTP ke server FTP dan FTP ialah sebuah windows servis yang berjalan diatas komputer utnuk merespons perintah FTP.

Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.

server FTP dapat diakses melalui url dengan mengetik ftp://nama server tujuan dan klient FTP dapat mengunjungi dan tahu isi dari FTP tersebut.



FTP menggunakan TCP untuk komunikasi data dari server ke klien. FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan username dan password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses, men-download, dan meng-upload berkas-berkas yang ia kehendaki. Umumnya, para pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori, sehingga mereka dapat membuat berkas, membuat direktori, dan bahkan menghapus berkas. Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login, yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous dan password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail.

Kelebihan:
FTP adalah protokol yg menggunakan mekanisme TCP, artinya pasti ada proses 3 way handshake, karena mekanisme TCP, semua protocol yg menggunakan TCP pasti reliable

Kekurangan:
Karena adanya proses TCP ini sepertinya agak2 lambat karena harus melakukan 3 way handshake sebelum proses transfer data