TKJ SMKN 3 BUDURAN SIDOARJO

  • Facebook

MODEL OSI


MODEL OSI

Komunikasi antar komputer dari vendor yang lain sangat sulit, maka dari itu menggunakan protokol dan format data yang berbeda. sehingga ISO membuat arsitektur komunikasi yang disebut OSI (Open System Interconection).



LAYER PHYSICAL

layer paling sederhana yang berkaitan dengan electrical dan optical koneksi antar peralatan. data biner dikodekan dalam bentuk yang dapat dirtransmisikan melalui media jaringan. contoh kabel, transceiver dan konektor yang berkaitan dengan layer physical dan repeater, hub dan network card ada dilayer ini.

LAYER DATALINK

layer penghubung antara media network dengan layer protokol yang lebih high level. layer datalink bertanggung jawab atas paket akhir data binary yang berasal dari level yang lebih tinggi ke paket diskrit se3belum ke layer physical. akan mengirim frame (blok dari data) melalui suatu network. ethernet (802.2 dan 802.3), tokenbus (802.4) dan tokenring (802.5) ialah protokol pada layer tersebut.

LAYER NETWORK

menyediakan fungsi routing sehingga paket dikirim keluar dari segment network lokal ke suatu tujuan pada network lain. IP (internet protokol) umunya yang melakukan tugas ini. protokol seperti IPX (internet packet exchange). Perusahaan Novell telah memprogram protokol seperti SPX (Sequence Packet Exchange) dan NCP (Netware Core Protokol) pada OS Netware.

fungsi yang mungkin dilakukan oleh Layer Network:
> Membagi aliran data biner ke paket diskrit dengan panjang tertentu
> Mendeteksi Error
> Memperbaiki Error dengan mengirim ulang paket yang rusak
> Mengendalikan aliran

LAYER TRANSPORT

Layer transport data, menggunakan protocol seperti UDP, TCP, dan/atau SPX (Sequence Packet Exchange yang satu ini digunakan oleh Netware, tetapi khusus untuk koneksi berorientasi IPX.) Layer transport adalah pusat dari mode OSI yang menyediakan transfer yang reliable dan transparan antara ke dua titik akhir.

LAYER SESSION

Layer ini menyediakan layanan ke dua layer di atasnya. Melakukan koordinasi komunikasi antara entiti layer yang diwakilinya.
Beberapa protocol pada layer ini:
> NETBIOS : Suatu session interface dan protocol, dikembangkan oleh IBM, yang menyediakan layanan ke layer presentation dan layer application.

> NETBEUI (NETBIOS Extended User Interface), suatu pengembangan dari NETBIOS yang digunakan pada produk Microsoft networking, seperti Windows NT dan LAN Manager.

> ADSP (Apple Talk Data Stream Protocol), PAP (Printer Access Protocol) yang terdapat pada printer Postscript untuk jaringan Apple Talk

LAYER PRESENTATION

Layer presentation dari model OSI melakukan hanya satu fungsi tunggal, translasi dari berbagai tipe pada syntax sistem.
Sebagai contoh, suatu koneksi antara PC dan mainframe membutuhkan konversi dari EBCDIC character-encoding format ke ASCII dan banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Kompresi data (dan enkripsi yang mungkin) ditangani oleh layer ini.

LAYER APPLICATION

Layer ini adalah yang paling cerdas, gateway berada pada layer ini. Gateway melakukan pekerjaan yang sama seperti sebuah router, tetapi ada perbedaan di antara mereka.
Layer application adalah penghubung utama antara aplikasi yang berjalan pada satu komputer dan resources network yang membutuhkan akses padanya. Layer application adalah layer yang dimana user akan beroperasi padanya. Protocol seperti FTP, telnet, SMTP, HTTP, POP3 berada pada layer application.