TKJ SMKN 3 BUDURAN SIDOARJO

  • Facebook

APOCALYPSE- THE SECOND WORLD WAR





hmmm... inilah film dokumenter pertama yang paling membuka mata saya tentang perang dunia II, Apocalypse The Second World War. Film ini merupakan dokumenter yang menurut saya terbaik. bagaimana tidak, dokumenter ini sudah diwarnakan, so nggak perlu bosan lagi liat film dokumenter yang katanya membosankan itu. film ini dibagi menjadi 6 part dengan masing-masing memiliki durasi +- 50 menitan.

Part 1 - The Agression
bagian ini menceritakan bagaimana Hitler naik ketampuk kekuasaan, penandatanganan pakta non agresi Jerman-Soviet Ribbentrop-Molotov dan agresi Jerman dan Uni Soviet atas Polandia.

Part 2 - Crushing Defeat
disini merupakan bagian dimana Jerman Nazi jaya-jayanya. yaitu saat memulai invasi ke Perancis dan sekutunya dengan taktik Blitzkrieg yang terkenal. disinilah puncak dari Jerman Reich yang sesungguhnya.

Part 3 - Shock
memang sesuai judulnya, disini disajikan saat-saat dimana Hitler memperluas wilayahnya hingga ke Afrika dan melanggar kesepakatan Jerman-Uni Soviet dengan cara menginvasi soviet pada 22 Juni 1941, yang akhirnya gagal ketika merebut moskow pada 5 Desember 1941.

Part 4 - The World Ablaze
Jepang memulai invasinya atas amerika serikat, dan puncaknya Hitlerpun mengumumkan perang atas AS. lebih menonjol cerita pertempuran dipasifik antara jepang dan AS, sementara itu Hitler tidak lagi mencoba menaklukkan moskow tapi menaklukkan Stalingrad.

Part 5 - The Great Landings
kekalahan di stalingrad, dan afrika memenuhi hampir seluruh isi bagian ini. dan menunjukkan mulai kalahnya pihak Axis, Jepang Jerman Italia dalam PD II. disini pula upaya terakhir Hitler dalam menginvasi rusia yaitu Operasi Citaddel ditayangkan.

Part 6 - Inverno
sekutu mulai mendarat di Normandia, dan Soviet mulai menghancurkan jerman di front timur. disinilah kehancuran Jerman dan Jepang pada puncaknya.

Rating untuk Film ini : 5