TKJ SMKN 3 BUDURAN SIDOARJO

  • Facebook

DER UNTERGANG atau THE DOWNFALL



Der Untergang (The Downfall)
Produksi : Constantin Film 2004
Sutradara : Oliver Hirschbiegel

film ini merupakan garapan dari constantin films tahun 2004 yang mengisahkan tentang 10 hari terakhir der Fuhrer, Adolf Hitler didalam bunkernya ketika kota Berlin hampir terkepung oleh tentara Rusia alias The Red Army pimpinan Jenderal Georgy Zhukov.

sementara film ini tokoh utamanya didasarkan pada Sekretaris Pribadi Hitler yaitu Traudl Junge yang diperankan oleh Alexandra Maria, sementara der Fuhrer Adolf Hitler diperankan oleh Bruno Ganz.

berbeda dengan film-film barat lainnya yang bertemakan nazi jerman dengan kekejamannya, disini hanya nampak bahwa Adolf Hitler ialah orang yang hopeless tapi juga optimis pada kemampuannya menggerakkan pasukan-pasukan imajinernya untuk memberikan serangan lagi pada tentara rusia yang memasuki Berlin, tidak nampak Hitler disini sebagai orang yang kejam dan angkuh seperti yang digambarkan film-film barat lainnya.

hanya saja tetap saja propaganda pembunuhan 6 juta yahudi oleh nazi jerman tetap saja ditampilkan meskipun hanya teks diakhir film :(, tapi sejujurnya inilah film rasa jerman terbaik yang pernah saya lihat.

properti tak perlu diragukan, alur cerita, aktualisasi pemeran benar-benar serasa dirinya ialah apa yang diperankannnya, apalagi yang jarang muncul dalam film-film barat nazi ialah salut nazi :) dengan mengatakan HEIL HITLER!!!

jika disuruh memberi rating 1-5 untuk film ini saya kasih dah 5 untuk film ne