TKJ SMKN 3 BUDURAN SIDOARJO

  • Facebook

INFORMATIKA DIGITAL bag 1

FLIP- FLOP

1. Jenis- jenis Flip-flop

> SR Flip-flop (SET-RESET FLIP FLOP)
merupakan rangkaian flip-flop paling sedderhana dibandingkan rangkaian flip-flop lainnya. nama lainnya ialah Bistabil / One Bit Memory. dibuat dari 2 buah gerbang NAND maupun NOR yang saling menyilang. yaitu output dari gate pertama masuk sebagai input gate kedua. dan output gate kedua masuk ke gate pertama.






> Clocked SR Flip-Flop

ini hampir sama dengan SR Flip-flop tadi. untuk membuat output barubah dan pada saat tertentu yang dikehendaki digunakan, signal pengontrol yang disebut clock. ketika sinyal clock diberikan maka output akan berubah. bila signal clock dihentikan maka output tidak akan mengalami perubahan.






> D Flip- flop

ialah SR FF yang ditambah inverter (pembalik) pada reset inputnya. sifat dari D FF ini alah bila input (D) dengan pulsa clock berlogika 1, maka output Q berlogika 1 dan bilamana input D berlogika 0 maka D FF akan berada pada keadaan reset atau outputnya Q berlogika 0






> T- Flip Flop

Rangkaian T-FF (Toogle Flip Flop) dapat dibentuk dari modifikasi C SR FF, D FF, maupun JK FF. T FF mempunyai sebuah terminal input t dan 2 buah terminal output Q dan Q. T FF banyak digunakan pada rangkaian counter, deviden, dsb.








> JK Flip- Flop

biasa disebut dengan JK FF induk hamba atau Master Slave JK FF karena terdiri dari 2 buah FF, yaitu master FFdan Slave FF. master JKFF ini memiliki 3 buah terminal input yaitu J, K, Flop. sedangkan IC yang digunakan untuk menyusun JKFF ialah tipe 7473 yang mempunyai 2buah JKFF diaman layoutnya dapat dilihat pada vodemaccum IC (DATABOOK IC). klelebihan JKFF terhadap FF sebelumnya ialah JKFF tidak punya kondisi terlarang (denied) artinya berapapun input yang dimasukkan asal ada clock maka akan terjadi perubahan pada output.