TKJ SMKN 3 BUDURAN SIDOARJO

  • Facebook

Komputer Lamban???

KOMPUTER LAMBAN SAAT BERJALAN

sistim komputer yang berjalan lamban juga disebabkan hal yang sama dengan proses booting yang lambat. tapi dalam hal yang lebih specifik lagi ialah terlalu banyaknya software yang diinstall, antivirus yang banyak.
agar sistim komputer dapat berjalan dengan normal, juga bisa melakukan pengecekan tehadap kapasitas harddisk yang digunakan. hapus atau uninstall program atau data yang dirasa sudah tak dibutuhkan lagi. juga bisa menggunakan disk cleanup.

klik start, pilih program, pilih accessoris, pilih system tools, pilih dan klik disk cleanup

kemudian tentukan drive yang akan dibersihkan. dan klik ok. tunggu process yang dilakukan










kemudian keluar verifikasi,daerah mana yang akan dihapus, dan klik OK




















juga ada more options yang berisi cleanup untuk windows component, perintah remove program yang sudah tidak digunakan, serta me remove semua recent point di system restore.




















KOMPUTER LAMBAN SAAT SHUTDOWN

masalah utama dalam hal ini biasanya merupakan banyaknya icon yang ditampilkan di systray (taskbar) selain itu kapasitas harddisk yang penuh juga menyebabkan kelambanan saat shutdown. disini juga dapat mengatasinya dengan melakukan disk cleanup atau juga disk defragmenter. merupakan sistim tools dari windows yang digunakan untuk menata susunan file dalam windows agar terlihat rapi dan menambah free space

langkah- langkah disk defragmenter:

klik start, pilih program, pilih accessoris, pilih system tools, pilih dan klik disk defragmenter

kemudian pilih drive mana yang akan di defrag dan klik defragment.















tunggu hingga proses selesai















mekanisme kerja disk defragmenter ialah memindahkan file/ data ke bagian terluar track atau sector terluar pada piringan/ platter agar mudah dibaca oleh head pada harddisk. proses yang berlangsung terus menerus jelas mengakibatkan data dalam platter berantakan.












defragmentasi selesai dan klik view report
























terlihat sebelum dan sesudah di defrag, free space bertambah. dan itu berarti dapat membantu mempercepat kinerja komputer.

selain itu juga disarankan memakai software utility seperti tune up utility untuk maintenance yang lebih cepat.