TKJ SMKN 3 BUDURAN SIDOARJO

  • Facebook

PARTISI DAN FORMAT

mempartisi hardisk berarti membagi ruang pada hardisk. hardisk biasanya dipartisi satu kali menyesuaikan dengan OS yang digunakan. komputer yang memiliki Dual atau Triple OS biasanya memiliki lebih dari 2 partisi. keuntungan partisi ialah mencegah keruwetan pada system, mudah backup dan pencarian data serta keefisiensian.

TIPE PARTISI

- PRIMARY
yaitu partisi yang berisi system dan beberapa data. juga berarti partisi yang digunakan komputer saat booting

- EXTENDED
yaitu partisi yang biasanya diisikan data, dan juga berfungsi mengatasi keterbatasan pembagian Hardisk. partisi extended tidak menangani data secara langsung, tapi dengan menciptakan partisi logical dahulu.

- LOGICAL
merupakan partisi sampingan extended. merupakan tampungan berbagai macam file data.

SOFTWARE PEMARTISI HARDISK

- FDISK
merupakan aplikasi pemartisian yang ada langsung dari system Operasi Windows. pemartisian bergantung paada setiap OS yang digunakan. keuntungannya FDISK ialah system booting tersedia cuma-cuma pada CD MASTER atau disket boot. kekurangannya ialah kita hanya bisa buat 2partisi primary dan logical dalam satu harddisk.

- POWER QUEST PARTITION MAGIC
kelebihnnya ialah kita dapat membuat beberapa partisi yang kita inginkan. bisa membuat 2 atau lebih partisi primary. dan membuat berbagai jenis partisi (FAT, FAT16, FAT32, NTFS).

JENIS-JENIS PARTISI

1. FILE ALLOCATION TABLES (FAT)

> FAT
Apabila kita menyimpan suatu file, komputer akan menggunakan satu sistem file untuk menyimpan file/folder tsb ke hard disk. Pada versi awal MS-DOS dan Win 3.11, Windows menggunakan sistem file FAT16.

Semenjak ada Win95 OSR 2 dan Win98 kita dapat menggunakan FAT32 apabila ukuran hard disk lebih dari 2GB s/d 2TB. FAT16 hanya boleh digunakan apabila ukuran hard disk kurang dari 2GB.

> Sejarah FAT
Digunakan awal 80-an dan dikenal sebagai file DOS. Pada awalnya
hanya untuk beroperasi pada komputer berkapasitas rendah. FAT mengalami bermacam evolusi, dimana versi awalnya hanya menyokong komputer berkapasitas tidak lebih dari 32MB untuk setiap bagian/partisi, kemudian terus berkembang hingga 528MB dan terus meningkat sampai 2.1GB.

> APLIKASI FAT 16
FAT 16 hanya bisa digunakan dengan versi DOS, OS WIN 3.11 dan WIN 95

> KEKURANGAN FAT 16
- Kurangnya ruang penyimpanan. Tidak ada tambahan program atau file terutama bagi yang menggunakan sistem dengan Windows95 dan mempunyai hard disk melebihi 512MB.
- Tidak efektif, Ukuran cluster yang besar menyebabkan terjadinya
pemborosan.
- Tidak efisien dalam susunan file dan meminta user sering melakukan Defragmenter agar mendapatkan cluster sebelumnya yang tidak terpakai sepenuhnya.
- Ukuran maksimum disk yang dapat disokong FAT16 dalam satu hard disk adalah hanya 2GB

> CARA PENYIMPANAN DATA
- Apabila suatu file disimpan atau suatu program diinstall komputer akan menyimpan semua data mengenai aktivitas tersebut di satu kawasan kecil dalam Harddisk yang dinamakan cluster.
- Semakin kecil ukuran cluster, semakin baik data itu disimpan dan diurus. Ukuran cluster ditentukan oleh partisi dan partisi ditentukan oleh sistem file yang ditetapkan semasa Harddisk diformat

> SECTOR
Semua disk dibagi dalam sector-sector, dan setiap sector berukuran 512bytes. Ukuran ini merupakan ukuran standar unit disk terkecil. Sector dibentuk ketika disk diatur dalam track-track yang konsentris. Setiap track dibagi menjadi sector-sector. Masing-masing sector dapat menampung 512 bytes data. cara pendistribusian data pada sektor ialah tugas yang ditangani File System tadi.

> CLUSTER
Cluster adalah sekumpulan sector yang saling berhubungan. Ukuran cluster pada FAT16 adalah 2, 4, 8, 16, 32, atau 64 sector. Ukuran partisi maksimum FAT16 hanya 2 GB. FAT32 memungkinkan untuk mendapatkan partisi hard disk yang besar (lebih dari 2 GB), dengan ukuran cluster yang kecil. Ukuran cluster yang kecil ini dapat menghemat penggunaan disk space untuk menyimpan data.


(TABEL: PERBANDINGAN UKURAN CLUSTER FAT)

> MASTER BOOT RECORD
Sector pertama dari disk atau partisi selalu digunakan untuk boot record. Boot record ini mengandung informasi mengenai disk atau partisi disk tersebut.Informasi yang ada pada boot record memungkinkan file system untuk mengatur disk.Boot record juga mengandung suatu program sederhana, yang digunakan pada saat system start-up. Boot record terdapat pada semua disk dan partisi disk, baik yang menggunakan FAT maupun yang menggunakan file system lain. Sector ini mengandung informasi penting dari disk.

> APLIKASI FAT 32
FAT 32 digunakan pada WIN 95 OEM SERVICE RELEASE, Versi 2, 2.1, 2.5. Windows Millenium Edition (ME), WINDOWS 98 FIRST EDITION, dan SECOND EDITION, WINDOWS XP PROFESSIONAL, WINDOWS 2000.

> KELEBIHAN FAT 32
- Menggunakan 32 bits untuk merepresentasikan cluster
- FAT32 menyediakan ukuran drive lebih besar.Ukuran yang disediakan sampai dengan 2 terabytes (Tb) , bandingkan dengan FAT 16 yang hanya 2GB.
- Microsoft Windows 2000 hanya menyediakan ukuran partisi sampai 32Gb
- FAT32 menggunakan tempat lebih efisien. FAT32 menggunakan ukuran cluster yang lebih kecil ( 4KB cluster untuk ukuran drive 8 GB), lebih efisien 10 s/d 15 persen dibandingkan FAT atau FAT16. Ukuran minimum untuk partisi FAT32 sekitar 260 MB.
- FAT32 lebih kuat. FAT32 dapat menampung folder utama dan dapat menggunakan backup copy dari tabel alokasi file daripada default copy. Oleh karena itu FAT32 lebih tidak rentan dari kegagalan dibandingkan FAT16.
- FAT32 lebih fleksibel. Folder utama pada FAT32 adalah rantai grup biasa, jadi dapat ditempatkan di mana pun pada drive dan tidak ada lagi batasan jumlah masukan untuk folder.Ukuran partisi FAT32 dapat diubah-ubah, tapi tidak dapat diimplementasikan pada initial release.
- Dapat mencari direktori asas (root directory) dan menggunakannya sebagai salinan backup FAT dan ini akan mengelakan komputer dari bertemunya/ tabrakan antar program
(crash).
- Apabila suatu file disimpan atau suatu program diinstall komputer akan menyimpan semua data mengenai aktivitas tersebut di satu kawasan kecil dalam Harddisk yang dinamakan cluster.
- Semakin kecil ukuran cluster, semakin baik data itu disimpan dan diurus. Ukuran cluster ditentukan oleh partisi dan partisi ditentukan oleh sistem file yang ditetapkan semasa Harddisk diformat.
- Hanya memakan cache memory sekitar 1%

> KEKURANGAN FAT 32
- Microsoft akan mendukung fungsional dari file system FAT32 dalam membaca error-error secara bebas dan menyimpan file-file baik dalam bentuk nyata (real mode) maupun bentuk terlindungi (protect mode). Microsoft mendukung fasilitas real dan protected mode termasuk pada Windows 95.
- Untuk program-program legacy yang tidak akan diinstall pada FAT32 atau tidak akan menyimpan file-file atau membaca mereka, kita harus menghubungi pabrik dari software tersebut.
- Walaupun file system FAT32 mendukung ukuran hard disk sampai 2 terabytes (TB), beberapa hard disk kemungkinan tidak dapat mengisi partisi yang dapat dinyalakan lebih besar dari 7,8 gigabytes(GB) karena keterbatasan dari sistem I/O dasar (BIOS) INT13 interface
- bila komputer hang dan melakukan reset, maka komputer otomatis akan melakukan scandisk
- buruk pada grafis, terlihat bila kita menggambar garis, yang terlihat lurus, begitu melakukan printing yang didapat ialah garis yang sedikit miring.

2. NEW TECHNOLOGY FILE SYSTEM (NTFS)

> SEJARAH NTFS
Pada awal tahun 90-an, Microsoft memutuskan untuk menciptakan sebuah sistem operasi dengan kualitas tinggi, penampilan menarik, dapat dipercaya dan aman. Tujuan dari sistem operasi ini adalah sebagai pijakan bagi Microsoft dalam bisnis yang menguntungkan ini dan meraih pangsa pasar yang luas. Pada waktu itu sistem operasi unggulan Microsoft adalah MS-DOS dan Windows 3.x yang memberikan kekuatan yang diperlukan Microsoft untuk bersaing dengan sistem UNIX.

Namun ada satu kelemahan yang tidak dapat ditutupi, yaitu kedua sistem operasi tersebut menggunakan FAT file system yang memiliki kelemahan kurangnya keistimewaan yang dibutuh- kan pada sistem operasi baru akan diproduksi itu. Kelemahan itu antara lain pada data storage dan management, sistem jaringan komputer, dan environment yang mendukung.

Untuk mengatasi kepincangan pada Windows NT yang merupakan produk terbarunya, maka Microsoft menciptakan sebuah file system baru, yaitu New Technology File System disingkat NTFS.NTFS diciptakan dengan memadukan suatu konsep file system lain, HPFS, yang digunakan pada OS/2 ditambah teknologi baru hasil temuan Microsoft sendiri.

> TUJUAN NTFS
- Reliability:
satu hal yang penting dari sebuah file system yang serius adalah bahwa file system tersebut harus dapat pulih kembali dari masalah tanpa kehilangan data hasil. Disini NTFS mencegah hilangnya data dan memperkecil toleransi dari kesalahan dalam processing.
- Security dan Access Control:
Kelemahan dari FAT adalah ketidakmampuan mengontrol akses file atau folder dari hard disk, sehingga memungkinkan pihak luar untuk mengubah data pada suatu sistem jaringan.
- Breaking Size Barriers:
karena pada sistem FAT dalam hal ini FAT16 tidak dapat mempartisi lebih dari 4GB, sedang NTFS didesain untuk partisi yang jauh lebih besar
- Storage Efficiency:
NTFS lagi-lagi memperbaiki kelemahan pada FAT16 karena pada sistem ini memungkinkan terjadinya ketidakefisienan pada penyimpanan pada kapasitas harddisk. Untuk itu NTFS menggunakan metode lain dalam alokasi kapasitas hard disk tersebut.
- Long File Names:
NTFS memungkinkan nama sebuah file hingga 255 karakter, dibandingkan dengan pada FAT adalah 8+3 karakter.
- Networking:
saat ini networking berkembang pesat dengan NTFS memungkinkan networking dalam skala besar.
- Storage Fault Tolerance:
Data-redundant storage methods dapat diterapkan pada NTFS. Hal ini berguna dalam menjamin dan melindungi jika suatu data/berkas mengalami kerusakan dengan mengkopi ulang data yang sama dari disk mirror.
- Multiple Data Stream:
NTFS dapat terdiri dari lebih 1 stream. Stream tambahan ini dapat berisi berbagai jenis data, walau data itu hanya mendeskripsikan berkas atau metadata.
- Unicode Names:
Unicode merupakan paket karakter standar yang digunakan pada NTFS dan menggantikan karakter older-single byte ASCII. Setiap karakter pada kebanyakan bahasa yang natural adalah direpresentasikan dengan double-byte number dalam paket karakter Unicode.
- Improved File Attribute Indexing:
Dalam NTFS juga terdapat kemampuan untuk memberi indeks pada atribut berkas, fungsinya ialah sebagai penglokasian dan sorting.
- Data Compression:
Dalam kompresi data metode yang digunakan adalah Lempel-Zip Compression. Dengan algoritma ini dipastikan tidak ada data yang hilang pada proses kompresi.
- Encryption:
NTFS juga menyediakan Encrypted File System atau EFSuntuk perlindungan cryptografic pada berkas atau direktori.
- Reparse Points:
Dalam NTFS, sebuah berkas atau direktori dapat berisi reparse point, dimana terdapat sekumpulan dari user-defined data.

(TABEL PERBANDINGAN FAT DAN NTFS)

3. SECOND EXTENDED FILE SYSTEM (EXT2 FS)

> SEJARAH
Second Extended File system (Ext2) dirancang oleh Rémy Card, sebagai file sistem yang extensible dan powerful untuk digunakan pada sistem operasi Linux. Ext2 merupakan File System yang paling banyak digunakan oleh para pengguna Linux. Ext2 pertama kali dikembangkan dan diintegrasikan pada kernel Linux, dan sekarang ini sedang dikembangkan juga penggunaannya pada sistem operasi lainnya.

Tujuannya adalah untuk membuat suatu file system yang powerful,
yang dapat mengimplementasikan file-file semantik dari UNIX dan
mempunyai pelayanan advance features.

> KEMAMPUAN DASAR EXT2
- File system EXT2 mampu menyokong beberapa tipe file yang standar dari UNIX, seperti regular file, directories, device special files, dan symbolic links.
- EXT2 mampu mengatur file-file system yang dibuat dalam partisi yang besar
- File system EXT2 mampu menghasilkan nama-nama file yang panjang. Maximum 255 karakter
- EXT2 memerlukan beberapa blok untuk super user (root)

4. THIRD EXTENDED FILE SYSTEM (EXT3)

> DEFINISI
- EXT3 merupakan suatu journalled filesystem. Journalled filesystem didesain untuk membantu melindungi data yang ada didalamnya.
- Dengan adanya journalled filesystem, maka kita tidak perlu lagi untuk melakukan pengecekan kekonsistensian data, yang akan memakan waktu sangat lama bagi harddisk yang berkapasitas besar.
- EXT3 adalah suatu filesystem yang dikembangkan untuk digunakan pada sistem operasi Linux.
- EXT3 merupakan hasil perbaikan dari EXT2 ke dalam bentuk EXT2 yang lebih baik dengan menambahkan berbagai macam keunggulan

> KEUNGGULAN
- Availability :
- EXT3 tidak mendukung proses pengecekan file system, bahkan ketika system yang belum dibersihkan mengalami “shutdown”, kecuali pada beberapa kesalahan hardware yang sangat jarang.
- Hal seperti ini terjadi karena data ditulis atau disimpan kedalam disk dalam suatu cara sehingga file system-nya selalu konsisten.
- Waktu yang diperlukan untuk me-recover ext3 file system setelah system yang belum dibersihkan dimatikan tidak tergantung dari ukuran file system atau jumlah file; tetapi tergantung kepada ukuran “jurnal” yang digunakan untuk memelihara konsistensi. Jurnal dengan ukuran awal(default) membutuhkan sekitar 1 sekon untuk recover (tergantung dari kecepatan hardware).
- Integritas Data
Dengan menggunakan file sistem ext3 kita bisa mendapatkan jaminan yang lebih kuat mengenai integritas data dalam kasus dimana sistem yang belum dibersihkan dimatikan (shutdown).
- Kita bisa memilih tipe dan level proteksi yang diterima data. Kita bisa memilih untuk menjaga agar file system tetap konsisten,tetapi tetap mengijinkan kerusakan terhadap data dalam file system dalam kasus dimatikannya (shutdown) system yang belum dibersihkan; ini bisa memberikan peningkatan kecepatan pada beberapa keadaan.
- Secara alternatif kita bisa memilih untuk lebih memastikan bahwa data konsisten dengan bagian dari file system; ini berarti kita tidak akan pernah melihat “garbage data” pada file-file yang baru ditulis ulang setelah terjadi “crash”.
- Pilihan yang aman yakni menjaga kekonsistenan data sebagai bagian dari file system adalah pilihan default

> PERBANDINGAN EXT2 DAN EXT 3
- Secara umum prinsip-prinsip dalam EXT2 sama dengan EXT3. Metode pengaksesan file, keamanan data, dan penggunaan disk space antara kedua file system ini hampir sama.
- Perbedaan mendasar antara kedua file system ini adalah konsep journaling file system yang digunakan pada EXT3. Konsep journaling ini menyebabkan EXT2 dan EXT3 memiliki perbedaan dalam hal daya tahan dan pemulihan data dari kerusakan.
- Konsep journaling ini menyebabkan EXT3 jauh lebih cepat daripada EXT2 dalam melakukan pemulihan data akibat terjadinya kerusakan.