TKJ SMKN 3 BUDURAN SIDOARJO

  • Facebook

SISTIM OPERASI (LINUX)

1. JENIS- JENIS SISTIM OPERASI (OS)

OS yang ada dan bisa digunakan antara lain POSIX, UNIX, MSDOS, WINDOWS, LINUX, APPLE dll. dari sedemikian yang ada yang menggunakan mode text ialah MSDOS, POSIX, dan LINUX. yang menggunakan GUI (Graphical User Interface) ialah WINDOWS dan LINUX(2Mode)

yang akan dibahas dalam postingan ini ialah linux (maklum di skul lagi mau test linux). yang membedakan linux dari OS lain ialah murah, dapat diperbanyak dan didistribusikan tanpa membayar royalty/ fee pada yang pembuat. tapi yang lebih utama ialah Source Code.

Source Code linux tersedia bagi semua orang sehingga tiap orang dapat terlibat dalam pengembangannya. dan itulah yang membuat dikenal istilah "OpenSource". kebebasan ini membuat para vendor hardware membuat driver device tertentu tanpa harus mendapat licence source code atau Non Disclosure Agreement (NDA) yang sangat mahal.

karena linux beredar bebas di internet, maka berbagai vendor telah membuat suatu paket distributor yang dianggap sebagai versi kemasan linux. dan mungkin pada tahun kedepan membuat banyak user beralih ke Linux.

2. PERBANDINGAN LINUX DENGAN OS LAINNYA

Linux dibuat dari OS POSIX yang diturunkan dari 3 fungsi kerja UNIX (membingungkan). UNIX compatible dengan linux pada level system call yang berarti sebagian besar program yang dibuat UNIX atau LINUX dapat direkompilasi dan dijalankan pada system lain dengan perubahan minimal (kecil). tetapi Linux lebih cepat berjalan daripada UNIX bila dijalankan dengan hardware yang sama. dan UNIX tidak bersifat Free.

MSDOS mirip dengan linux dalam beberapa hal yaitu filesystem yang bersifat hirarkis. tetapi MSDOS hanya bisa dijalankan diprosesor x86 juga tak mendukung multiuser dan multitasking, juga tidak bersifat free. MSDOS tidak mempunyai dukungan yang baik agar bisa berinteroperasi dengan OS lain termasuk ketidakadaannya software network.

WINDOWS juga sama dengan MSDOS. untuk menemukan suatu bug dalam suatu OS tak sebanding dengan harga yang dibayarkan. sedangkan Apple untuk macintosh hanya bisa berjalan disistem mac. juga kekurangan dalam perangkat bantu pengembang (development tool) serta tidak mempunyai dukungan yang baik agar bisa berinteroperasi dengan OS lain.

3. SEJARAH LINUX

awalnya dibuat oleh mahasiswa Finland bernama Linus Torvalds yang dulunya merupakan proyek hobi yang diinspirasikan dari minix yang merupakan sistim UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanen-balum. Linux versi 0.01 dikerjakan agustus 1991. dan 5 Oktober 1991, Linus menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler). sekarang Linux ialah sistem UNIX yang sangat lengkap dan alternatif OS yang jauh lebih murah jika berbanding dengan OS lain.

Pengembangannya juga cepat karena juga bisa dikerjakan oleh perorangan / kelompok yang menyebabkan keragaman linux. agar dapat berkomunikasi cepat dan efisien maka internet menjadi pilihan. karena kernell Linux dikembangkan dengan usaha independen dan banyak aplikasi yang tersedia (untuk membuatnya) seperti C-Compiler menggunakan gcc dari Free Software Foundation GNU's Project. Compiler ini banyak digunakan pada Hp (Hawlett Packard) dan Sun (yang biasanya buat OpenOffice) yang membuat software yang hampir sama tampilannya dengan milik microsoft seperti OpenOffice Word yang sama dengan Microsoft Word. juga ada Corel untuk linux dan aplikasi Matlab yang dikenal dilinux dengan Scilab.

Linux bisa didapat dalam berbagai distribusi (distro). distro ialah bundelnya kernell linux besarta dasar sistem linux, program instalasi, toolbasic atau program lain yang bermanfaat sesuai pembuatan distro. contoh distro linux ialah:

RedHat
distro paling populer, minimal diIndonesia. (buat Test)

Debian
merupakan linux yang mengandalkan kestabilan dan kehandalan walau mengorbankan aspek kemudahan dan kemutakhiran. debian menggunakan .deb dalam instalasinya (sudah pernah coba kami (anak TKJ) install). instalasinya bisa memakai bahasa indonesia.

SlackWare
ialah distro yang pernah merajai dunia linux. hampir keseluruhan dokumentasi Linux disusun berdasar slackware. yang penting dari slackware ialah semua isinya (kernell, library atau apps nya) sudah diuji. sehingga sedikit tua tapi stabil. juga karena ia menganjurkan untuk install dari source sehingga tiap program yang diinstall teroptimasi dengan sistem kita. itu alasannya ia menolak memakai binary RPM sampai Slackware 4.0 ia tetap memakai libc5 bukan glibc2 seperti yang lain.

SuSE
distribusi yang sangat terkenal dengan YaST (Yet another Setup Tools) untuk mengkonfigurasi sistem. instalasinya bisa memakai bahasa indonesia.

Mandrake
merupakan varian distro RedHat yang dioptimasi untuk pentium. Kalau komputer kita menggu-nakan pentium ke atas, umumnya Linux bisa jalan lebih cepat dengan Mandrake. WinLinux, distro yang dirancang untuk diinstall di atas partisi DOS (WIndows). Jadi untuk menjalankannya bisa di-klik dari Windows. WinLinux dibuat seakan-akan merupakan suatu program aplikasi under Windows. Dan masih banyak distro-distro lainnya yang telah tersedia maupun yang akan muncul.

4. KELEBIHAN LINUX

- memberikan proses special dimana terminal, printer dan device hardware lain dapt diakses seperti akses file yang tersimpan dalam Hdd atau Disket
- ketika program dijalankan, program dijalankan dari Hdd ke RAM dan setelah dijalankan dinamakan proses
- menyediakan service untuk membuat, memodifikasi program, proses dan file
- mendukung struktur file yang bersifat hierarki
- OS yang bisa melakukan multitasking yang merupakan keadaan dimana suatu OS dapat melakukan banyak pekerjaan dalam 1waktu (bersamaan) serta multiuser yaitu satu sistem dapat digunakan lebih dari 1 user.dan mendukung multiconsole yang dimana saat bersamaan didepan komputer langsung tanpa melalui jaringan memungkinkan lebih satu user masuk dalam system.