TKJ SMKN 3 BUDURAN SIDOARJO

  • Facebook

MAHALNYA HARGA SEBUAH ILMU

saya membuat posting ini maybe hanya sekedar sedikit ulasan dari omong-omong seorang anak SMA yang berbicara soal Microsoft Word dengan yang menjaga warnet. kebetulan yang menjaga warnet juga kenal dengan saya, saya pun nimbrung didalamnya. anak SMA itu kewarnet mungkin dengan tujuan belajar Word (karena saya lihat buku yang dia bawa dan tentu saja pembicaraan mereka), tapi naas bukan kepalang (dia bingung) ketika warnet hanya memakai software opensource yaitu OpenOffice, sementara temannya rumahnya jauh dan memakai Word diatas yang dia mau pelajari yaitu Word97. heh...

dia pun bertanya "lha terus gimana", yang jaga warnet mengatakan "ya, nggak tahu?!!!, disini pake OO (OpenOffice). soalnya kan warnet sering operasi. tapi aku kalau dirumah pake Word, walau bajakan". dan ia mengatakan lagi,"walaupun dipelajari, ya gak nyambung"

itu sudah dapat kita simpulkan bahwa ilmu itu mahal nilainya. benar pepatah muslim bahwa "Ilmu bisa menjaga yang punya, Tapi harta tak bisa menjaga yang punya". hal itu dapat kita artikan bahwa ilmu itu merupakan hal atau aspek yang primer dalam kehidupan. jika kita punya ilmu, kita bisa hasilkan apapun darinya, buat barang, buat apa, apa yang bisa menghasilkan uang untuk kita. dan kita tentram dengan ilmu yang kita dapat tersebut.

sebaliknya, harta tak bisa menjaga pemiliknya. mungkin yang membaca posting ini akan berkata, "Jarene SOPO? aku duwe duek kok, iso nyewo bodyguard" (kata siapa? aku punya uang kok, bisa menyewa bodyguard). nah itu ialah orang yang berfikir alakadarnya. mungkin ada benarnya tapi porsi yang benar HANYA 1% dari 99% kesalahan persepsi tersebut.

BISA SAJA, orang yang punya harta segunung (macem Alm. Soeharto) sampai mati dia takkan dibunuh oleh orang, dia takkan tewas karena didemo, dia takkan mati karena kelaparan, tapi satu hal yang patut diingat ialah manusia tak bisa luput dari kematian. dan harta segunugpun tak bisa menyelamatkan manusia itu dari kematian, dan hartanya tak bisa membeli para HAKIM atau ALGOJO akhirat sebagaimana yang bisa dilakukan manusia di alam dunia.

semua itu ialah contoh kecil dari bagaimana pentingnya ilmu bagi kehidupan manusia. sekali lagi saya mengatakan ISLAM IS A BETTER RELIGION, ISLAM IALAH AGAMA YANG SEMPURNA. dalam islam (mungkin selain islam tidak ada), saya ulangi, dalam islam MANUSIA SEMUA AKAN MATI DAN PUTUS SEMUA HUBUNGAN DARI DUNIA KECUALI 3 HAL:
1. Infaq dan Shodaqoh selama didunia
2. Doa anak sholeh (sudah saya jelaskan artinya pada postingan terdahulu)
3. dan Ilmu yang bermanfaat.

disitu sudah terlihat bagaimana islam sangat menjunjung tinggi nilai sebuah ilmu. tapi bagaimana kalau ilmu yang digunakan itu kita jual?

seperti Microsoft yang memperjual belikan OS dan segala macemnya, sementara Linux dengan banyak distronya menyebarkan secara gratis dan ada cara untuk mengubah/ membuat sendiri.

dalam hal ini saya tak tahu persis, tapi menurut saya, dalam agama islam hukumnya menyebunyikan ilmu ialah dosa besar. dan sedikit tambahan yaitu TAK AKAN HABIS ILMU SESEORANG YANG DIBAGI KE ORANG LAIN, MELAINKAN MALAH BERTAMBAH.

jadi mungkin ada benarnya mereka (microsoft) menjual tanpa memberikan lisensi untuk merubah atau membajak dengan alasan hak cipta atau hak atas kekayaan intelektual sementara linux dapat saya nilai sebagai bagi-bagi ilmu yang tak akan habis versinya.

tapi saya lebih setuju dengan linux, dengan ia menbagi-bagikan secara gratis dan cara merubahnya atau membuatnya, akan membuat semakin banyak orang pintar dan akan memacu orang utnuk berbuat lebih, lebih dan lebih baik.

Assalamualaikum Wr Wb